Lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' Trending, Tamparan Keras Bagi Kaum Syiah
Cari Berita

Advertisement

Lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' Trending, Tamparan Keras Bagi Kaum Syiah

Redaksi
Minggu, 05 April 2020

Assalaf.id - Waktu kecil dulu, telinga saya sering mendengar lagu Aicha (dibaca: Aisyah) yang dibawakan para penyanyi gambus. Setelah dewasa saya tahu bahwa penyanyi aslinya adalah Cheb Khaled, seorang penyanyi Arab yang juga sukses di Prancis. Lagu Aicha adalah lagu cinta yang bercerita tentang rasa cinta dan pujian terhadap sesosok wanita yang amat cantik dan begitu mewah bernama Aicha. Semua permata dan perhiasan diberikan untuknya sebab tak ada yang terlalu bagus untuk sosok secantik Aicha. Tapi bagaimana pun Aicha menolaknya karena ia layak mendapat yang lebih dari semua itu. Sebagai lagu cinta, lagu Aicha yang dibawakan Cheb Khaled itu biasa saja. Ia tak memiliki nilai lebih dari sekedar lagu romantis yang nge-hits di masanya.

Di tahun 2017, Projector Band asal Malaysia membuat lagu cinta lain yang juga berjudul Aisyah (Satu Dua Tiga Cinta Kamu). Isinya tentang seorang lelaki yang mencoba meyakinkan perempuan bernama Aisyah bahwa ia benar-benar mencintainya. Tak ada yang berkesan dari lagu ini untuk diceritakan sebab sepertinya tak begitu sukses, beda dengan lagunya Cheb Khaled sebelumnya.

Di tahun yang sama, Mr. Bie membuat versi lain dari lagu Projector Band di atas, tapi isinya bukan tentang istrinya sendiri yang kebetulan juga bernama Aisyah melainkan tentang sosok Aisyah bint Abu Bakr, istri Rasulullah. Nah lagu versi Mr Bie ini kemudian viral di Indonesia di tahun 2020 ini dan dinyanyikan ulang oleh banyak penyanyi.

Sosok Sayyidah Aisyah adalah salah satu sosok yang memang penting untuk diketahui. Ia adalah salah satu sosok yang disebut dengan berbagai keburukan oleh kalangan Syi'ah ekstrem, baik secara fisik mau pun akhlak. Beberapa buku tentang keutamaan Sayyidah Khadijah yang ditulis oleh penulis Syiah biasanya menyelipkan beberapa sindiran pada sosok Aisyah yang disebut mandul dan dikesankan suka membantah.

Lirik gubahan Mr. Bie tampak ingin mematahkan itu semua dengan memunculkan bagaimana sebenarnya sosok Sayyidah Aisyah bersama Rasulullah. Ia adalah sosok istri yang cantik, shalihah dan punya beberapa kisah romantis bersama Rasulullah. Dalam poin ini, upaya Mr. Bie ini patut diacungi dua jempol. Ia nampaknya berhasil memperkenalkan sosok Sayyidah Aisyah kepada generasi milenial dalam citra yang sebenarnya dan bahwa Rasulullah sangat mencintainya.

Sayyidah Aisyah adalah sosok yang berparas mirip Sayyyidah Khadijah. Ia mewarisi kecantikan dan kesetiaan Khadijah. Hanya saja karena usia yang berbeda jauh, publik mendapat beberapa kisah canda dan romantisme suami istri dari sosok Sayyidah Aisyah, sesuatu yang jarang diceritakan oleh Sayyidah Khadijah atau Ummul mukminin lain yang lebih dewasa. Namun justru dari situ publik bisa mendapat bocoran bagaimana seorang Rasul sebagai suami memperlakukan para istrinya.

Rasulullah adalah seorang suami teladan. Tak ada istri yang diperlakukan berbeda melebihi yang lain. Beliau mengunjungi semua istrinya setiap hari dan memperlakukan mereka dengan baik. Beliau adalah sosok yang romantis pada mereka semua hingga mereka saling cemburu ketika melihat Rasulullah bersama salah satu dari mereka.

Sayangnya, jari ini terasa agak kelu untuk bercerita tentang kecantikan mereka. Sungkan rasanya bercerita tentang fisik ummul mukminin.

Disahre dari Ustadz Abdul Wahab Ahmad