Indonesia Mempunyai Waliyullah Terbanyak Setelah Yaman -->
Cari Berita

Advertisement

Indonesia Mempunyai Waliyullah Terbanyak Setelah Yaman

Redaksi
Selasa, 14 April 2020

Assalaf.id - Indonesia adalah bumi keramat, tanah Nusantara yang dijaga, dan direksa oleh para waliyullah termasuk walisembilan. Kita tidak usah jauh berkiblat. Cukup di Indonesia ini, Sumber-sumber tasawuf telah komplit di Indonesia.

Jangan berprasangka bahwa wali-wali di Indonesia tingkat maqomnya lebih rendah dibandingkan negara lain, tidak. Indonesia itu negara yang mempunyai waliyullah terbanyak nomor 2 di dunia setelah hadramaut yaman.

Walisembilan yg khususnya ada di Indonesia itu dzuriyah sayyidina Ali, dzuriyah sayyidina Abu Bakar Siddiq, dzuriyah sayyidati Fatimah, dan dzuriyahnya Sayyidina Nabi Muhammad SAW.

Sunan Bonang terkenal Sulthanul Auliya fi zamani fi Jawa. Kedua, Maulana Hasyim Sunan Drajat. Ketiga, Maulana Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati. Itu pakunya Indonesia. Tanah di Indonesia berhasil dipegang hingga sekarang oleh mereka bertiga. Dan diteruskan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Banyak sekali waliyullah yang ada di Indonesia khususnya di pulau jawa. Di Jawa Timur ada banyak, Jawa Tengah tidak ketinggalan, Jawa Barat juga sama. Jadi Indonesia mempunyai paku-paku yg perlu dan patut untuk dijadikan contoh kita semua. Bagaimana cara perjuangan-perjuangan beliau.

Kita semua harusnya sangat bersyukur bisa dilahirkan dan hidup di negara Indonesia.

 (Diolah dari ceramah Maulana Al-Habib Luthfi bin Yahya pada acara 40 hari sepeninggalnya Mbah Maimoen Zubair)  Alfatihah.