Pandemi COVID-19, Haul Akbar Ponpes Al Fitrah Surabaya Dibatalkan
Cari Berita

Advertisement

Pandemi COVID-19, Haul Akbar Ponpes Al Fitrah Surabaya Dibatalkan

Redaksi
Minggu, 22 Maret 2020

Assalaf.id - Setiap menjelang Ramadhan, Pondok Pesantren Al Fitrah yang didirikan KH Asrori Al Ishaqi menggelar Haul Akbar. Namun, karena wabah virus Corona, pelaksanaan tahun ini ditiadakan.

“Sejak dua minggu lalu, panitia sudah memutuskan untuk menunda acara Majelis Dzikir Maulidurrasul SAW dan Haul Akbar,” kata Wisjnubroto Herputranto salah satu pengurus Ponpes Al Fitrah.

Menurut rencana, kegiatan tahunan pondok pesantren dan Jamaah Al Hidmah akan berlangsung 28-29 Maret 2020. Biasanya acara ini dihadiri puluhan ribu jamaah dari berbagai kota dan luar negeri.

Pondok Pesantren Al Fitrah dan Jamaah Alhidmah didirikan almarhum KH Asrori Al Ishaqi. Ia adalah imam dan guru Thariqah Qadriyah wa An Naqsabadiyah. Jamaah thariqah ini ratusan ribu orang tersebar di seluruh Indonesia. Juga di Malaysia dan Singapura.

Pondok pesantren ini terletak di Kedinding Surabaya. Presiden Susilo Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo pernah berkunjung ke pondok pesantren ini. Meski KH Asrori telah meninggal, jamaahnya terus bertambah. Pondok pesantrenya makin maju. Bahkan ada perguruan tingginya.

Menurut Wisjnubroto, keputusan penundaan itu diambil melalui rapat yang diikuti oleh pengurus pondok, Yayasan Al Hidmah, dan keluarga ndalem pondok.

“Tadinya alot. Sebab, persiapannya sudah sangat matang. Namun demi menghindari mudlarat yang lebih besar akhirnya sepakat ditunda,” katanya.

Diceritakan, sejumlah jamaah malah sudah mengirimkan bantuannya ke pondok berupa sapi dan lain sebagainya untuk kegiatan tersebut. Seperti biasanya, puluhan ribu jamaah yang hadir memang diberi disediakan makanan oleh panitia.

“Karena itu, kami mohon maaf kepada para jamaah yang telah mengirim sumbangan dan sudah terlanjur menyiapkan diri untuk ikut Haul Akbar ini. Biasanya yang dari jauh sudah menyewa bus dan lain sebagainya,” kata Wisjnu.

Seperti biasanya, Haul Akbar di Kedinding ini kemudian diikuti dengan kegiatan serupa di Jakarta. Karena itu, banyak jamaah yang usai mengikuti haul di Kedinding terus ziarah Walisongo dan diakhiri dengan ikut Majlis Dzikir dan Haul Akbar di Jakarta.

Pengurus Ponpes Al Fitrah dan Yayasan Alhidmah juga mengimbau kepada jamaah lain meniadakan sementara pengumpulan jamaah. Sebab, ini sangat penting untuk memutus mata rantai penularan virus Corona sesuai dengan protokol yang telah dikeluarkan pemerintah.[nusadaily.com]