Manfaat Wudhu: Cegah Bakteri Hingga Cerahkan Wajah
Cari Berita

Advertisement

Manfaat Wudhu: Cegah Bakteri Hingga Cerahkan Wajah

Redaksi
Kamis, 05 Maret 2020

Assalaf.id - Seperti yang dikatakan Wali Kota Depok, Muhammad Idris Abdul Somad yang menyebut wudhu sebagai penangkal virus. Dengan memelihara wudhu kita, ini bisa mencegah virus menempel di dalam tubuh, termasuk virus corona.
"Untuk menangkal sebenarnya kalau umat Islam sudah biasa menangkal suatu virus. Virus apa pun ya dengan kita berwudhu, dengan kita memelihara wudu itu penangkalan virus-virus apa saja," kata Idris di Polresta Depok, Jl Margonda Raya, Depok, Kamis (5/3/2020) kepada detik.com.

Berwudhu bertujuan untuk menyucikan diri dan jiwa. Wudhu memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Bukan sekadar membasuh bagian-bagian tubuh dengan air tetapi juga bisa menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Ketika melakukan sholat lima waktu juga tidak sah jika tak berwudhu. Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تُقْبَلُ صَلاَةُ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

Artinya: "Shalat salah seorang di antara kalian tidak akan diterima, ketika masih berhadats sampai dia berwudhu." (HR. Bukhari no. 6954 dan Muslim no. 225).

Dalam surat Al-Maidah ayat 6, Allah mewajibkan kita untuk berwudhu sebelum melaksanakan sholat. Al-qur'an menerangkan:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS Al-Maidah:6).

Dalam agama Islam kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Dikutip dalam buku "Kedahsyatan Wudhu" oleh Drs. Moehari Kardjono, berwudhu juga dapat menggugurkan dosa, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw bersabda:

"Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya. Apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan dengan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudhu dalam keadaan bersih dari dosa." (HR. Muslim).

Manfaat Wudhu bagi Kesehatan

1. Membersihkan Kuman
Meskipun wudhu tidak diresepkan sebagai obat. Akan tetapi ada manfaat wudhu secara medis yaitu dapat meningkatkan kesehatan manusia. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari, kamu menyentuh berbagai hal saat beraktivitas. Sehingga jika rajin berwudhu, sudah pasti kamu mencuci tangan hingga muka dengan air mengalir. Kuman pun akan hilang.

Dari sudut pandang pengobatan secara medis oleh Mokhtar Salem dalam bukunya berjudul "Prayers: a Sport for the Body and Soul (Sholat: Olahraga untuk Jasmani dan Rohani)" menjelaskan bahwa wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan karena terpaparkan kulit oleh bahan-bahan kimia yang menempel setiap hari dan terserap oleh kulit. Membersihkannya dengan air (berwudhu) minimal lima kali sehari jadi salah satu cara efektif untuk mencegahnya.

2. Melindungi Kulit dari Kerutan
Berwudhu dengan cara membasuh wajah ternyata bisa membantu melindungi wajah dari kerutan. Membasuh wajah bisa meremajakan sel-sel kulit wajah dan membantu cegah keriput.

Selain itu, kita juga disarankan untuk berwudhu sebelum tidur. Hal ini termasuk sunnah Rasulullah yang tujuannya agar setiap muslim dalam kondisi suci di setiap keadaan, meskipun saat tidur.

Tentang sunnah ini, Rasulullah telah menjelaskan dalam sabda beliau yang diriwayatkan dari sahabat Al Barra' bin 'Azib bahwasanya beliau berkata:

"Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat." (HR. Al Bukhari No. 6311 dan Muslim No. 2710).

3. Cegah Masalah Kesehatan
Manfaat wudhu secara medis salah satunya adalah pencegahan mulut dari penyakit. Selama berwudhu dan ketika berkumur-kumur dapat membantu hilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Microbiology Reviews Journal dengan judul 'Penyakit Sistemik yang Disebabkan oleh Infeksi Oral' telah menemukan hubungan antara kurangnya penyakit sistemik dengan kesehatan mulut.

Penyakit sistemik ini termasuk Penyakit Kardiovaskular, Osteoporosis, Pneumonia hingga komplikasi terkait diabetes.

Ketika berwudhu ada istilah Istinsyaq. Istinsyaq adalah sunah dalam wudhu yakni menghirup air ke dalam rongga hidung. Dalam dunia kesehatan, istinsyaq sama halnya dengan nasal irigation yang berarti mencuci rongga hidung dari segala macam kotoran yang ada di dalamnya mulai dari debu hingga bakteri.

Dikutip dari detikHealth beberapa waktu lalu, dr Bagas Wicaksono SpTHT-KL dari RSIA Kemang Medical Care mengatakan,"Itu bisa membantu mencuci semua kuman-kuman atau alergi yang kayak debu ataupun bakteri ataupun virus dari hidung. Cuma kalau dilakukan harus sampai ke belakang."

Kalau dalam sehari kita melakukan sholat 5 waktu dan setiap berwudhu beristinsyaq sebanyak tiga kali, malah dalam sehari kita sudah membersihkan rongga hidung sebanyak 15 kali.

Jika rongga hidung bersih, kita tentu akan terhindar dari berbagai penyakit saluran pernapasan seperti influenza hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

4. Melancarkan Peredaran Darah
Dikutip dalam buku "Dahsyatnya Terapi Wudhu" oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, berwudhu yang dilakukan secara teratur bisa membantu lancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan suhu dingin air. Tubuh menjadi sejuk dan peredaran lancar.

Ketika peredaran tubuh lancar, maka kerja jantung menjadi optimal. Hal ini mencegah terjadinya penyumbatan pembulih darah dan menghindarkan tubuh dari risiko serangan jantung.

5. Mudah Berkonsentrasi
Saat berwudhu kita diwajibkan untuk mengusap kepala dengan air. Ini akan memberikan efek segar pada kepala yang membuat pikiran menjadi tenang dan mudah berkonsentrasi. Para ahli saraf menyebutkan bahwa air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung saraf jari tangan dan jari kaki dapat mempengaruhi konsentrasi dan pikiran.

Sumber: Detik.com