Besok Adalah Hari Jumat Terakhir Bulan Rajab, Ini Amalan Khusus Agar Kamu Terus Mempunyai Uang
Cari Berita

Advertisement

Besok Adalah Hari Jumat Terakhir Bulan Rajab, Ini Amalan Khusus Agar Kamu Terus Mempunyai Uang

Redaksi
Rabu, 18 Maret 2020

Assalaf.id - Besok adalah hari jum’at terakhir pada bulan rajab, Selain ada amalan greget di hari jum’at terakhir pada akhir bulan rajab, Hari Jum’at adalah hari yang mulia bagi kaum muslimin di seluruh penjuru dunia. Keutamaan hari Jum’at yang besar menuntut umat Islam untuk mempelajari perintah Rasulullah dan sahabatnya dalam menyambut hari Jumat agar amal kita tidak sia-sia dan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

Syech Ali Al-Ajhuri berkata didalam muqaddimah kitab Khulashatul Atsar:

” Bahwasanya barangsiapa yang membaca :
اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ, مُحَمَّدُ رَسُوْلُ اللهِ
(dibaca 35x)

Pada jum’at terakhir bulan Rajab saat khatib di atas mimbar, maka uang tidak akan terputus di tangannya (selalu ada uang) ditahun itu".

(Sumber Kitab : Kanzun Najah was Surur Fiil Ad’iyatil Latii Tasyrohush Shudur)

Amalan ini dibaca saat khatib menyampaikan khutbah kedua sebanyak 35 kali. Di antara keutamaannya adalah agar di sepanjang tahun uang di tangan kita tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan berhasil.

Al-Habib Ali bin Hasan Baharun menulis keterangan dari gurunya, al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith sebagai berikut:

فَائِدَةٌ لِإِبْقَاءِ الدُّرَيْهِمَاتِ فِيْ جَمِيْعِ السَّنَةِ الْإِتْيَانُ بِهَذَا الذِّكْرِ (x 35) فِيْ آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبَ حَالَ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، وَهُوَ أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله، وَقَدْ جَرَّبَهُ الْكَثِيْرُ وَصَحَّ عِنْدَهُمْ 

“Faidah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu ‘Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh’. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil.” (al-Habib Ali bin Hasan Baharun, al-Fawaid al-Mukhtarah, hal. 445)

Selain tersebut diatas, ada empat amalan utama di hari Jum’at amalan sunnah di hari Jum’at bisa kita lakukan, seperti beberapa amalan yang telah di ajarkan Rasulullah untuk dicontoh setiap muslim yang ingin menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW pada hari Jum’at.

Pertama, mandi dan memakai pakaian serta wangi-wangian.
Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya, “Siapa yang mandi pada hari jum’at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum’at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum’at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum’at itu dan jum’at sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Hari Jum’at merupakan hari raya bagi setiap muslim.  Maka sangat wajar bila setiap muslim menyiapkan penampilan dan fisik terbaiknya untuk menyambut dan menghias kemulian hari Jum’at tersebut.

Kedua, mencukur kumis dan memotong kuku. Sebagai penambah kesempurnaan dalam menyambut hari Jumat yang mulia, hendaknya kita membersihkan dan mempersiapkan diri. Diantaranya dengan memotong kuku dan mencukur kumis.

Ketiga, membaca surat al-Kahfi. . Rasulullah SAW  bersabda, “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan menyinarinya di antara dua Jum’at”. (HR. al-Hakim).

Keempat, memperbanyak bacaan shalawat. Membaca shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk kecintaan sederhana umat Islam. Shalawat memiliki keutamaan tersendiri, khususnya bila dibacakan pada hari Jum’at. Nabi SAW bersabda,
“ Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (Jum’at) ini, sesungguhnya shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku.” (H.R Abu Daud).

Demikianlah empat amalan utama di hari Jum’at yang sebaiknya kita laksanakan sebagai bentuk penghormatan kita terhadap hari yang sangat mulia ini. Semoga dengan adanya hari Jumat tersebut kita bisa meraih pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. (Assalaf.id]