Pesantren Al Anwar Sarang Siap Jadi Tuan Rumah Munas dan Konbes NU -->
Cari Berita

Advertisement

Pesantren Al Anwar Sarang Siap Jadi Tuan Rumah Munas dan Konbes NU

Redaksi
Sabtu, 01 Februari 2020

Assalaf.id - Pondok Pesantren Al Anwar di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Rembang, Jawa Tengah dalam waktu dekat akan menjadi tempat gelaran Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU pada 18-19 Maret 2020.

Persiapan yang sudah dilakukan oleh pihak pesantren asuhan almaghfurlah KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) ini mulai terlihat dari berbenah, hingga melakukan pembersihan di sejumlah tempat yang akan menjadi arena pertemuan ulama NU se-Indonesia.

Diperkirakan akan ada 800 ulama dari penjuru daerah di Indonesia yang bakal menginap di pesantren tersebut. Oleh karena itu, keluarga besar Al Anwar akan menyiapkan tempat untuk kebutuhan kegiatan tersebut.

Salah satu putra mendiang Mbah Moen, KH Majid Kamil (Gus Kamil) mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan langsung dengan panitia Munas dan Konbes PBNU dua kali di Pesantren Al Anwar.

“Kami sudah melakukan pertemuan dua kali di ndalem (rumah). Tempat kami banyak, ada Al Anwar 1 sampai 4,” jelasnya.

Panitia juga akan menyediakan posko-posko di sekitar arena Munas bagi simpatisan, peninjau, warga dan pengurus NU yang tidak masuk kategori diundang secara resmi. Pendirian posko ini merupakan partisipasi warga NU Lasem.

Gus Kamil menegaskan juga bahwa dalam persiapan, pihaknya akan melibatkan seluruh elemen NU yang ada di Rembang. Termasuk para santri senior juga akan turut mendukung suksesnya acara tersebut.

“Santri putra dan putri juga pasti kita libatkan dalam acara tersebut. Mereka sangat senang sekali,” tambah Gus Kamil.

Rencananya masih akan ada pertemuan-pertemuan lain untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan acara yang mengangkat tema kemandirian umat itu. Kemandirian ini adalah sebagai bukti nyata bahwa NU hadir dan memberdayakan jamiyah dan jamaahnya.

Dipilihnya Pesantren Al Anwar ini telah melalui berbagai macam pertimbangan. Di antaranya menurut Ketua Panitia Pusat Munas dan Konbes NU 2020, H Juri Ardiantoro adalah ngalap berkah dari KH Maimoen Zubair yang wafat pada 9 Agustus 2019 lalu di Makkah.

 Sumber: NU Online