Innalillahi, Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghozali Masruri Tutup Usia
Cari Berita

Advertisement

Innalillahi, Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghozali Masruri Tutup Usia

Redaksi
Selasa, 18 Februari 2020

Assalaf.id - Kabar duka datang dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ketua Lembaga Falakiyah PBNU, KH Ghozali Masruri meninggal dunia.

Kiai Ghozali dikabarkan meninggal dunia pada pukul 10.45 WIB, Rabu (19/2/2020). PBNU berduka atas kepergian sang kiai.

"PBNU berduka dan merasa sangat kehilangan atas kepergian ahli ilmu falakh tersebut," kata Ketua PBNU Robikin Emhas kepada wartawan.

Untuk diketahui, NU menggabungkan dua metode yaitu hisab dan rukyat dalam penentuan awal dan akhir bulan. Kiai Ghozali merupakan salah seorang ahli dalam bidang tersebut.

"Hisab adalah suatu metodologi berbasis ilmu pengetahuan untuk melihat posisi bulan. Sedangkan ru'yat adalah rangkaian proses guna mengonfirmasi secara faktual posisi bulan. Semacam verifikasi faktual terhadap hasil hisab yang dilakukan sebelumnya," ujar Robikin.

Robikin mengatakan umat muslim berhutang atas jasa dan pengabdian Kiai Ghozali. PBNU pun memerintahkan warga nahdliyin untuk melaksanakan salat gaib.

"Semoga jasa beliau menjadi wasilah (jembatan) diturunkannya rahmat kepada almarhum sehingga mendapat tempat terhormat di sisi-Nya," tutur Robikin.

Sumber: detik.com