Gus Sholah Sudah Pilih Lokasi Pemakamannya Sejak 2 Tahun Lalu -->
Cari Berita

Advertisement

Gus Sholah Sudah Pilih Lokasi Pemakamannya Sejak 2 Tahun Lalu

Redaksi
Senin, 03 Februari 2020

Assalaf.id - Jenazah Gus Sholah dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng. Anak Gus Sholah, Gus Irfan Wahid, mengungkapkan jenazah ayahnya dimakamkan di kompleks pemakaman yang sama dengan Gus Dur.

"Kan deket-deket situ juga satu area kompleks. Ada makam Pak Gus Dur, Hasyim Asy'ari, Pak Wahid Hasyim sebelahnya," kata Gus Irfan di rumah duka, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (3/2).
Gus Irfan mengungkapkan Gus Sholah sendiri yang memilih makamnya. Tak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk istrinya.

"Tempat itu udah dipilih bapak. 'ini buat saya, ini buat istri saya'. Jadi itu udah kelihatan," ujarnya.

"Jadi waktu bapak di rumah sakit udah kelihatan. Bapak sudah ngerasain bahwa ini ada yang datang, orang-orang udah pada datang, datang menyalamin saya, nyambut saya. Jadi, ya, kita sudah merasa, ya, sudah tanda-tandanya udah enggak lama lagi," sambungnya.
Pemilihan makam, kata Gus Irfan, telah dilakukan sekitar 2-3 tahun sebelumnya. Bahkan makanya sudah dibuat dengan rapi.

"Dipilihnya sudah lama. Dua tiga tahun (lalu) sudah dipilih tempat itu, sudah dibuat rapi oleh Gus Sholah sendiri," tuturnya.

Meski demikian, tidak semua orang bisa masuk ke dalam kompleks pemakaman. Namun, Gus Irfan berterima kasih karena ada banyak orang yang mendoakan Gus Sholah.
"Keluarga tinggal mempersiapkan karena yang boleh di situ kan cuma pengasuh. Pondok enggak bisa (masuk) semua orang. Tempatnya VIP, yang doain banyak," pungkasnya.

Gus Sholah sempat dirawat selama dua pekan di RS Jantung Harapan Kita karena gangguan ritme jantung. Ia meninggal pada Minggu (2/2) pukul 20.55 WIB.
Gus Sholah tak hanya dikenal sebagai ulama, tapi juga aktivis dan politisi. Adik kandung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini pernah menjabat sebagai anggota MPR pada tahun 1998.

Disunting dari kumparan.com