GP Ansor Subang Terjunkan Banser Siaga Bencana Evakuasi Korban Banjir
Cari Berita

Advertisement

GP Ansor Subang Terjunkan Banser Siaga Bencana Evakuasi Korban Banjir

Redaksi
Sabtu, 29 Februari 2020

Assalaf.id - Satuan Barisan Ansor Serbaguna Siaga Bencana (Bagana) Satkorcab Subang diterjunkan untuk mengevakuasi warga terdampak banjir di Dusun Gedonggede, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, Selasa (25/2).

Hal itu dilakukan menyusul musibah banjir yang menerjang kawasan tersebut karena luapan sungai Cipunagara dan curah hujan yang berkepanjangan beberapa hari terakhir. Akibat banjir itu, ratusan rumah tergenang hingga dua meter dan membuat ribuan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Kami sudah siaga sejak hari kemarin, saat hujan tak henti-hentinya menguyur kawasan ini. Bersama aparat terkait, kami membantu untuk mengevakuasi masyarakat yang masih terjebak banjir," ujar Ketua PC GP Ansor Kabupaten Subang, Asep Alamsyah Heridinata.

Dikatakan, kawasan tersebut termasuk wilayah yang paling parah terdampak banjir karena posisinya berdekatan dengan tanggul Sungai Cipunagara.

"Untuk itulah kami siagakan anggota kami prioritas siaga di kawasan ini. Kami datangi dan periksa rumah warga satu per satu, khawatir masih ada warga yang terjebak" ujarnya.

Selain itu, lanjut Asep, pihaknya juga membuka posko pengungsi bekerja sama dengan PAC GP Ansor Kecamatan Pamanukan yang di dalamnya sudah disiapkan bantuan serta obat-obatan untuk terdampak banjir.

"Dengan kondisi seperti ini, kami berkoordinasi dengan aparat terkait untuk terus membantu dan meringankan beban para korban banjir," pungkasnya.

Sumber: NU Online