Bulan Rajab, Ini Amalan-Amalan Berpahala Besar yang Hendaknya Kamu Lakukan -->
Cari Berita

Advertisement

Bulan Rajab, Ini Amalan-Amalan Berpahala Besar yang Hendaknya Kamu Lakukan

Redaksi
Senin, 24 Februari 2020

Assalaf.id - Setiap bulan adalah baik, namun ada beberapa bulan yang sangat diistimewakan di dalam Islam yaitu salah satunya adalah Rajab. Maka pada bulan istimewa ini sebaiknya diisi dengan berbagai kegiatan yang mendatangkan pahala.

Ulama asal Indramayu, Jawa Barat, Habib Muhammad bin Yahya mengatakan, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan ketika bulan Rajab.

Pertama, memperbanyak membaca istighfar. "Janganlah banyak bicara bukan karena dzikir kepada Allah, karena bisa menyebabkan hatinya keras. Bila hidupnya susah, amalan istighfar bisa mengangkat kesusahan kita," ujar Habib Muhammad.

Habib Muhammad mengingatkan, bahwa bulan Rajab adalah bulan istighfar karena Allah akan mengampuni semua dosa orang-orang yang beriman. "Kita bukan manusia pilihan, tentunya tak luput dari dosa," katanya.

Kedua, bulan Rajab juga waktu diturunkan perintah salat, karena dari sekian banyak ibadah yang paling istimewa adalah salat.

Ketiga, pada bulan Rajab sebaiknya jauhi maksiat. "Ibu-ibu yang suka berantem sama suami jangan melakukannya di bulan Rajab. Surga bagi hamba-hamba yang takwa, yang tentunya tidak melakukan maksiat," terangnya.

Seperti dilansir NU Online, amalan lainnya yang dapat dilakukan pada bulan Rajab adalah memperbanyak sedekah dengan tujuan agar hidup selalu berkah dan tetap pada ridha Allah.

Sementara itu, Wakil Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH Sirril Wafa mengatakan, amalan yang dapat dilakukan ketika bulan Rajab adalah memperbanyak istighfar dan melaksanakan puasa sunah.


"Ada imbauan untuk umat Islam perbanyak istighfar dan puasa. Bahkan para ulama periode awal mengamalkan puasa Sunnah 10 hari dari tanggal 1 hingga 10 Rajab," ucapnya saat dihubungi Okezone.

Sumber: Okezone.com