Supaya Hujan Lekas Berhenti dan Terhindar dari Banjir, Baca Doa Ini -->
Cari Berita

Advertisement

Supaya Hujan Lekas Berhenti dan Terhindar dari Banjir, Baca Doa Ini

Redaksi
Jumat, 03 Januari 2020

Assalaf.id - Sejak pergantian tahun, dari 2019 ke 2020, Jakarta dilanda hujan deras dan banjir pada Rabu (1/1). Dalam keadaan demikian, umat Islam setidaknya dianjurkan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar hujan segera berhenti dan terhindar dari banjir.

Berikut ini adalah doa agar hujan lebat segera berhenti dan banjir tidak terjadi. Lafadz doa tersebut adalah sebagai berikut.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turukan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

Adapun doa ini, adalah dikutip dari buku Doa & Wirid yang disusun oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas, sesuai dengan hadis sahih yakni Hadis Riwayat Al-Bukhari nomor 1013,1014, serta Muslim nomor 897 dari Anas bin Malik.

Selain daripada itu, umat Islam juga disunahkan untuk berdoa agar hujan mendatangkan manfaat dan berzikir setelah hujan turun. Berikut doa saat hujan turun agar mendapatkan manfaat:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
Allahumma shoyyiban nafi'an

Artinya: "Ya Allah, turunkan hujan yang bermanfaat (untuk makhluk hidup: manusia, tumbuhan, dan binatang)."

Sementara bacaan dzikir setelah hujan turun, adalah sebagai berikut.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ
Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih

Artinya: "Kita diberi hujan (dari langit) karena karunia dan rahmat Allah."

Akhirnya, semoga doa-doa ini bermanfaat dan banjir yang terjadi di beberapa daerah, terutama di Jakarta, tidak menimbulkan banyak korban dan dapat segera diselesaikan.[laduni.id]