Orang Terkaya Afrika Bakal Borong 10 Ribu Mobil Desa Buatan RI -->
Cari Berita

Advertisement

Orang Terkaya Afrika Bakal Borong 10 Ribu Mobil Desa Buatan RI

Redaksi
Senin, 06 Januari 2020

Assalaf.id - Salah satu pengusaha terkaya Afrika kenamaan Nigeria, Aliko Dangote bakal memborong 10.000 mobil pedesaan buatan Indonesia yaitu Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

"Memang ada rencana ekspor 10 ribu unit AMMDes ke Afrika. Nah tindak lanjutnya kemarin sudah ketemu sama pengusaha Nigeria dan juga sudah melakukan eksibisi di Nigeria yaitu di sana difasilitasi oleh ITPC, juga kedutaan di Nigeria," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Putu Juli Ardika di Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).

Dia menjelaskan bahwa orang terkaya Afrika itu akan membeli mobil desa buatan Indonesia melalui Dangote Group. Nantinya perusahaan ini akan memasarkan mobil desa kepada konsumen di Nigeria.

"Nah sekarang di sana ada kesepakatan, jadi Dangote Group itu dia sangat berminat untuk melakukan, dia customernya di sana, nanti dari kita dia sebagai customernya, dia akan menjual ke sana," jelasnya.

Putu melanjutkan, yang akan diekspor ke Nigeria adalah mobil desa dengan fungsi penyedia air, pengolahan kasava, dan penanganan biji-bijian termasuk padi.

"Januari-Februari itu timnya Dangote akan datang ke sini untuk mengecek. Dan ini tiga unit sample nih akhir Januari akan dikirim ke sana yaitu penyedia air, untuk pengolahan kasava, dan untuk penanganan biji-bijian lah termasuk padi dan lain sebagainya," sebutnya.

Ekspor 10.000 unit mobil desa akan dilakukan secara bertahap yang diperkirakan selama 5 tahun ke depan.

"Ya besok ini akhir bulan ini akan dikirim 3 contoh dulu ya. Setelah itu dalam waktu mudah-mudahan tahun ini sama tahun depan itu bisa 1.000 (unit), bertahap, 5 tahun lah," tambahnya.

Sumber: detik.com