Curah Hujan Tinggi, Gerakan NU Peduli Banjir Evakuasi Warga Jakarta -->
Cari Berita

Advertisement

Curah Hujan Tinggi, Gerakan NU Peduli Banjir Evakuasi Warga Jakarta

Redaksi
Rabu, 01 Januari 2020

Assalaf.id - NU Peduli Banjir 2020 yang diinisiasi PP LAZISNU melalui santri siaga Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) DKI Jakarta bersama elemen lainnya mengevakuasi warga Jakarta di beberapa titik banjir di Jakarta, Rabu (1/1) pagi. Mereka bergerak cepat dalam melakukan langkah pengamanan pertama di tengah curah hujan yang tinggi.

“NU Peduli melalui Santri Siaga Bencana LPBINU melakukan evakuasi di beberapa titik, di Halim, Cengkareng, dan beberapa titik banjir lainnya. Kita lanjut mendirikan dapur umum, terutama di Rawa Buaya yang besar. Kita mendirikan enam Pos NU Peduli Banjir. Karena gerakan kita berbasis komunitas, kita langsung melakukan aksi,” kata Ketua LPBINU DKI Jakarta M Wahib Emha di Jakarta, Rabu (1/1) siang.

Ia menambahkan, selain mendirikan posko dan dapur umum, NU Peduli menjadi koordinator pos pengungsi di beberapa titik.

“Kita menggunakan masjid dan madrasah. Dari PP LAZISNU, kita akan menurunkan bantuan sembako dan perlengkapan dapur umum. Dan kita menurunkan satu mobil dahar PP LAZISNU untuk keperluan makan warga,” kata Wahib.

NU Peduli melalui tim relawan mengadvokasi masyarakat untuk tidak panik. Pihaknya juga meminta pemerintah untuk bersinergi dengan komunitas siaga bencana.

“Ini kejadian tidak diduga atau di luar prediksi separah ini. Kita sudah memperkirakan tetapi mungkin infrastruktur tidak siap. Air di Cengkareng mencapai 2 meter. Tanggul jebol. Di Halim air mencapai sampai 1,5 meter,” kata Wahib.

Sebagaimana diketahui, NU Peduli Banjir 2020 Jakarta melakukan evakuasi, memenuhi kebutuhan dasar warga, mendirikan dapur umum, dan mendirikan pos pengungsi. Gerakan NU Peduli menempatkan Posko NU Peduli di Kantor PWNU DKI Jakarta, Jalan Utan Kayu, Nomor 112, Matraman, Jakarta Timur.

Adapun Pos NU Peduli sejauh ini didirikan di enam titik, yaitu di Jalan Slamet Riadi 4 RT 08/04 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur; Masjid Al-Muawanah Jalan Dharmawanita V RT 06/01, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat; Jalan Swadaya IV, Kp Pulo Jahe, RT 04/10, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur; Jalan Komodor Halim RT 05/07 Nomor 28, Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur; dan Jalan Permata 2 RT 01/06 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Tim yang tergabung dalam NU Peduli adalah Ketua PP LAZISNU Ustadz H Sudrajat, Ketua LPBINU DKI Jakarta M Wahib Emha, dan Anto dari LPBI PBNU Anto.

Sumber: NU Online