Banjir Jakarta, NU Peduli Dirikan Posko dan Turunkan Bantuan -->
Cari Berita

Advertisement

Banjir Jakarta, NU Peduli Dirikan Posko dan Turunkan Bantuan

Redaksi
Rabu, 01 Januari 2020

Assalaf.id - Gerakan NU Peduli yang dimotori LAZISNU, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPBI PBNU) berkoordinasi dengan LPBI PWNU Jakarta untuk langsung merespons cepat dengan melakukan evakuasi di beberapa tempat.

Aksi ini dilakukan menyusul hujan yang turun di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sejak Selasa (31/12) siang sampai Rabu (1/1/2020) pagi tadi. Akibatnya, hampir seluruh wilayah di ibukota terendam banjir. Hampir seluruh masyarakat terdampak banjir.

“Sementara ini evakuasi di beberapa tempat,” kata Anto Yulistianto, pengurus LPBI PBNU kepada NU Online pada Rabu (1/1) siang.

Di samping itu, Anto juga menyampaikan bahwa pihaknya akan segera mendirikan posko-posko terdekat guna memudahkan koordinasi dan evakuasi di wilayah yang terdampak banjir. “Kami juga menginisiasi beberapa posko,” katanya.

Anto juga menyampaikan Jakarta saat ini seakan tidak siap menghadapi bencana tahunan ini. Ia melihat seperti ada kekagetan. Pemerintah Daerah DKI Jakarta dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terlambat melakukan koordinasi dengan seluruh potensi penanggulangan bencana yang ada.

“Memang dalam konteks ini DKI zaman periode ini kelihatan gak siap menghadapi kondisi banjir. Tidak seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Ia terus berkoordinasi dengan BPBD DKI Jakarta. “Karena kan leading sector-nya BPBD DKI Jakarta,” ujarnya.

Ada tiga posko yang sudah didirikan oleh NU di Jakarta, yakni di Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Swadaya IV, Kp Pulo Jahe, RT 004 RW 10, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung Jakarta Timur oleh LPBINU Jakarta Timur. Guna menjalin koordinasi, dapat menghubungi Syahrul melalui nomor kontak 085215050472.

Sementara itu, Posko Siaga Kemanusiaan Banjir Gerakan Pemuda Ansor dan Banser Kota Jakarta Barat berlokasi di Mushola Al-Hidayah, Lingkungan III Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Untuk berkoordinasi, dapat menghubungi Alfaryandi melalui nomor kontak 089689069137.

Adapun Posko Siaga Gerakan Pemuda Ansor dan Banser Jakarta Selatan berlokasi di Rumah Pergerakan Gus Dur (RPGS) Jalan Kalibata Timur 1, Nomor 12, Pancoran, Jakarta Selatan. Untuk berkoordinasi, dapat menghubungi kontak PC GP Ansor Jakarta Selatan, 081908630123.

Tim yang tergabung dalam NU Peduli adalah Ketua PP LAZISNU Ustadz H Sudrajat, Ketua LPBINU DKI Jakarta M Wahib Emha, dan Anto Yulistianto dari LPBI PBNU.

Sumber: NU Online