Kitab At-Tashrif Karya Ulama Madura, Santri KH Hasyim Asy’ari -->
Cari Berita

Advertisement

Kitab At-Tashrif Karya Ulama Madura, Santri KH Hasyim Asy’ari

Redaksi
Selasa, 31 Desember 2019

Assalaf.id - Morfologi bahasa Arab (tashrif) adalah salah satu bidang studi wajib yang diajarkan di pesantren. Dan berbicara tentang kitab tashrif, umumnya para santri akan teringat kepada kitab Amtsilah at-Tashrifiyyah karya KH Ma'shum bin Ali dari Jombang. Memang kitab itu sangat populer bagi kalangan santri. Sistematika penulisannya pun membuat kitab itu cocok bagi pembelajar pemula.

Namun, satu lagi kitab tashrif karya ulama Indonesia yang mungkin belum banyak dikenal oleh para santri. Yakni kitab At-Tashrif karya Kiai Raden Abdul Majid Tamim. Sebagaimana kitab Amtsilah At-Tashrifiyyah, kitab At-Tashrif juga membahas mengenai morfologi bahasa Arab.

Berbeda dari kitab "Amtsilah At-Tashrifiyyah" yang mengutamakan hafalan contoh kata, kitab ini mengutamakan pemahaman konsep terlebih dahulu. Pada bagian-bagian awal dijelaskan mengenai konsep-konsep dasar morfologi bahasa Arab, seperti wazan dan mauzun (pattrens), bina' (construct), dan sighat (morphy). Kemudian diberikan pula contoh wazan-wazan itu beserta muthabaqah (penerapannya). Juga makna-makana yang diakibatkan oleh perubahan morfologis tersebut.

Tidak lupa pula Kiai Abdul Majid Tamim memberikan kaidah-kaidah dasar i'lal (alomorfisme) pada bagian tepi kitab dan juga syawahid dari Nadham Maqsud. Kaidah i'lal dan kaidah sharfiyyah diberikan dalam bahasa pengantar bahasa Arab. Sedang makna lafadz diberikan dalam bahasa Madura.

Penjelasan mengenai konsep cukuplah singkat dan hanya mendapat porsi 5 persen dari buku. Selebihnya mengetengahkan contoh-contoh kata sebagai praktik dari penerapan kaidah sharfiyyah. Di bagian akhir disajikan rangkuman wazan-wazan (pattrens) kata dalam bahasa Arab.

Kiai Abdul Majid Tamim sendiri adalah Kiai Kelahiran 1922 asal Pamekasan Madura yang kemudian mukim di Jember Jawa Timur. Ia sebagaimana profilnya pernah dimuat dalam NU Online adalah salah satu santri dari Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy'ari di Tebuireng Jombang.

Dalam masyarakat Madura khususnya, ia masyhur sebagai kiai yang produktif menulis. Sebagian besar tulisannya adalah hasil terjemahan ke dalam bahasa Madura dengan sistem tulisa pegon. Beberapa karyanya juga adalah terjemahan ke dalam bahasa Jawa. Martin van Bruinnesen bahkan dalam sebuah penelitiannya berjudul "Kitab Kuning: The Arabic Script used in Pesantren Milleu" mengatakan bahwa Kiai Abdul Majid Tamim adalah salah satu kiai yang berjasa besar dalam penerjemahan kitab-kitab salaf ke dalam bahasa Madura. Kebanyakan kitabnya diterbitkan di penerbit kitab tertua di Indonesia, yaitu Maktabah Salim Nabhan Surabaya. Kitab At-Tashrif ini pun juga diterbitkan di sana.

Identitas Kitab

Judul kitab: At-Tashrif
Bahasa: Arab dan Madura
Penulis: KH R Abdul Majid Tami Pamekasan
Tebal: 63 halaman
Penerbit: Maktabah Salim Nabhan Surabaya
Tahun Terbit: tanpa tahun

Sumber: NU Online