Sikap Kita Terhadap Ulama yang Perbuatannya Bertentangan dengan Syariat -->
Cari Berita

Advertisement

Sikap Kita Terhadap Ulama yang Perbuatannya Bertentangan dengan Syariat

Assalaf
Jumat, 15 November 2019

ulama
ilustrasi
Assalaf.id - Dewasa ini di media sosial kerap ada postingan yang membuli bahkan mengejek para Ulama yang secara dhohir tidak menjalankan syariat atau perbuatan dan ucapannya seakan keluar dari rel syariat.

Padahal tidak sepantasnya mencaci Ulama yang tidak sependapat, bahakan kepada orang awam pun tidak diperbolehkan membuli apalagi terhadap ulama, harusnya kita mengedepankan Husnudzzan jangan-jangan sebenarnya mereka tidak menyalahi syariat namun kita lah yang masih rendah ilmunya, sebagai orang yang masih rendah ilmu sungguh tidak pantas jika seuudzon terhadap Ulama, dalam kitab Umdatussalik dijelaskan:

إذا سمعت كلمات من أهل التصوف والكمال ظاهرها ليس موافقا لشريعة الهدى من الضلال توفق فيها واسأل من الله العليم أن يعلمك مالم تعلم ولا تمل إلى الإنكار الموجب للنكال, لأن بعض كلماتهم مرموزة لاتفهم, وهي فى الحقيقة مطابقة لبطن من بطون القرأن الكريم وحديث النبي الرحيم. فهذا الطريق هوالأسلم القويم, والصراط المستقيم. .

Artinya: “Apabila kamu mendengar ucapan-ucapan dari ahli Tashawuf dan ahlul kamal yang secara dzahir tidak sesuai dengan syariat Nabi yang menyatakan petunjuk dari segala kesesatan, maka berdiamlah(jangan berkomentar) kamu padanya dan bermohonlah kepada Allah Yang Maha Mengetahui agar engkau di beri pengetahuan yang belum kamu ketahui. Janganlah engkau cenderung mengingkarinya yang berakibat memberi kesimpulan yang buruk. Karena sebagian dari pada ucapan-ucapan mereka itu adalah isyarat yang tidak mudah difahami. Padahal hakikat-isinya itu sesuai dengan isi dari al Quran al Karim, dan haditsnya Nabi yang penyayang. Maka jalan ini lebih selamat sejahtera, dan jalan yang lurus.”

Itulah yang harus dipegang oleh kita sebagai netizen awam terhapa para Ulama.

Wallahu a'lam.