Penting Dipahami! Tata Cara Wudlu yang Benar Meliputi Rukun dan Sunnah-sunnahnya -->
Cari Berita

Advertisement

Penting Dipahami! Tata Cara Wudlu yang Benar Meliputi Rukun dan Sunnah-sunnahnya

Assalaf
Jumat, 15 November 2019

Assalaf.id - Berikut ini adalah Tatacara Wudlu secara ringkas yang benar menurut madzhab syafii mencakup rukun dan sunnah-sunnahnya yang kami nukil dari Kitab Matan Al-Ghayah wat Taqrib atau dikenal dengan Kitab Taqrib saja yang merupakan kitab fiqh paling populer di kalangan pesantren salafiyah.

Tata cara Wudlu atau yang disebut Rukun(fardlu) wudlu ada enam yaitu:

(فصل) وفروض الوضوء ستة أشياء النية عند غسل الوجه وغسل الوجه وغسل اليدين إلى المرفقين ومسح بعض الرأس وغسل الرجلين إلى الكعبين والترتيب على ما ذكرناه..

Artinya:
Rukun atau fardhu-nya wudhu ada 6 (enam) yaitu:
1. Niat(di dalam hati) disaat membasuh muka.
2. Membasuh muka(secara merata).
3. Membasuh kedua tangan sampai siku.
4. Mengusap sebagian kepala.
5. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.
6. Dilakukan secara tertib, harus berurutan mulai dari no. 1 sampai 5.

Tambahan Penting:

[1] Niat wudlu wajib di dalam hati, mendapat tambahan kesunnahan jika sebelum wudlu niat itu diucapkan secara lisan. Dan nitia itu adalah: نويت الوضوء لرفع الحدث الأصغر فرضا للو تعالي
Artinya: Saya niat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil karena Allah Ta’ala. Dan niat tidak harus pakai bahasa arab.

[2] Beda mengusap dan membasuh adalah kalau mengusap cukup dilakukan dengan sekedar membasahi dengan sedikit air sampai merata. Sedang membasuh memakai air yang dapat mengaliri seluruh anggota badan yang wajib dibasuh.

Kemudian, Sunnah-sunnah wudlu ada 10, sunnah disini dalam arti jika dilakukan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidaklah mengapa.


(فصل) وسننه عشرة أشياء التسمية وغسل الكفين قبل إدخالهما الإناء والمضمضة والاستنشاق ومسح جميع الرأس ومسح الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد وتخليل اللحية الكثة وتخليل أصابع اليدين والرجلين وتقديم اليمنى على اليسرى والطهارة ثلاثا ثلاثا والمولاة



Artinya:
Sunnah-sunnahnya nya wudlu ada 10 (sepuluh): membaca bismillah, membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkan ke wadah air, berkumur, menghirup air ke hidup, mengusap seluruh kepala, mengusap kedua telinga baik bagian luar san bagian dalam dengan air baru, menyisir jenggot yang tebal dengan jari, membasuh sela-sela jari tangan dan kaki, mendahulukan anggota kanan dari kiri, masing-masing dilakukan tiga kali, bersegera.

Tambahan Penting:
[1] Ketika mengerjakan sunnah wudlu yang dilaksanakan sebelum wudlu(seperti berkumur, membasuh telapak tangan, menghirup air) dalam hati harus niat melakukan kesunnahan, jika tidak diniati maka tidak mendapat kesunnahan. Dan untuk sunnah wudlu yang dikerjakan di dalam wudlu(seperti mengusap seluruh kepala, mengusap telinga Dll) tidak harus diniati karena niatnya dicukupkan dengan niat wudlu.

Wallahu'alam